Teknologi Budidaya Tembakau

Teknologi Budidaya Tembakau



Pemupukan

Produksi dan mutu tembakau dipengaruhi oleh banyak faktor meliputi faktor genetik, lingkungan khususnya iklim dan tanah, serta teknik budi daya yang diterapkan. Salah satu faktor lingkungan yang sangat menentukan produksi dan mutu tembakau adalah ketersediaan unsur hara, baik yang terkandung dalam tanah maupun yang berasal dari pupuk. Unsur hara tersebut secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap komposisi kimia daun tembakau. Setiap jenis tembakau mempunyai komposisi kimia berbeda-beda, sehingga imbangan hara yang dibutuhkan juga berbeda.


Referensi file monograf :


Produksi dan mutu tembakau dipengaruhi oleh banyak faktor meliputi faktor genetik, lingkungan khususnya iklim dan tanah, serta teknik budi daya yang diterapkan. Salah satu faktor lingkungan yang sangat menentukan produksi dan mutu tembakau adalah ketersediaan unsur hara, baik yang terkandung dalam tanah maupun yang berasal dari pupuk. Unsur hara tersebut secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap komposisi kimia daun tembakau.


Catatan:

Pembahasan lebih lanjut monograf Hara dan Pemupukan Tembakau Virginia dapat diunduh di sini.



Produksi dan mutu tembakau sangat dipengaruhi ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan tanaman selama pertumbuhannya. Oleh karena itu kelebihan atau kekurangan dalam ketersediaan unsur hara akan mempengaruhi produksi dan mutu tembakau. Misalnya, kelebihan unsur nitrogen akan menyebabkan fase pertumbuhan vegetatif lebih panjang, tertundanya pembungaan dan pemasakan daun, karena terjadi sintesis protein yang dominan. Sebaliknya, kekurangan ketersediaan nitrogen akan menghambat perkembangan kloroplas sehingga jumlah klorofil berkurang dan daun menjadi klorosis, yang akhirnya akan menyebabkan menurunnya berat kering daun.


Catatan:

Pembahasan lebih lanjut monograf Hara dan Pemupukan Tembakau Temanggung dapat diunduh di sini.



Walaupun tembakau virginia memerlukan banyak fosfor, tetapi pemberian fosfor yang berlebihan dapat merusak warna danaroma (Anonymous, 1957). Hal ini disebabkankarena adanya interaksi dengan hara lain. Dosis fosfor yang berlebihan dapat menyebabkan tanaman kekurangan seng (Zn), sehingga pembentukan suksin terhambat dan mengakibatkan tanaman kerdil, klorosis, dan bentuk daun abnormal (Tso, 1972). (Hal:56)


Catatan:

Pembahasan lebih lanjut monograf Hara dan Pemupukan Tembakau Virginia dapat diunduh di sini.



Pemupukan pada tanaman tembakau ditujukan untuk mencukupi unsur hara hingga tanaman bisa membuahkan krosok yang tinggi baik jumlah ataupun kualitasnya.


Catatan:

Pembahasan lebih lanjut monograf Pemupukan dapat diunduh di sini.




Bagikan  

Pencarian


Leaflet


Konservasi lahan temanggung
Pembibitan tembakau
Penyakit kerupuk/keriting
Penyakit lanas
×